TOPENG KERTAS


Setiap hari minggu saya berjualan topeng kertas.

sejak kelas empat sd saya menyukai menggambar wajah dan membuat topeng kertas yang dulu diajarkan Pak Iding, guru saya.

Dengan kertas-kertas bekas, lem, dan sedikit cat topeng kertas dapat dibuat. sampai sekarang saya sering merasa heran kenapa sedikit orang yang membuatnya, padahal kalau saya menjualnya, saya memperoleh keuntungan dengan modal yang minim.

dscn8840

saya menjual topeng kertas dengan 4 jenis harga. Harga Rp 5000 untuk topeng yang saya buat berdasarkan model keinginan saya, harga Rp 10.000 untuk topeng yang bentuknya lebih rumit, harga Rp. 20.000 ntuk topeng dengan bentuk sesuai pesanan, dan harga Rp. 0 alias gratis jika anda berkunjung ke tempat saya atau ke tempat saya jualan, saya ajarkan bagaimana membuatnya, lalu membuat sendiri dengan bahan milik saya, jika sudah selesai silakan dibawa pulang.

namun rupanya orang-orang lebih suka mengeluarkan uang daripada sedikit bersusah membuat sendiri, sesuai keinginan mereka. orang lebih suka membeli. (ah rupanya tak ada yang namanya krisis ekonomi itu).

Tabik.

topeng-ramses-1

 

dscn8790

About these ads

69 Responses to “TOPENG KERTAS”


  1. 1 uyeh soleh duyeh Januari 12, 2009 pukul 7:07 pm

    hehe… hade oge maneh!

    • 2 rifky Juli 24, 2011 pukul 2:15 am

      mas aku mau pesan
      bisa gak dikirim ke jakarta?…

      kalo bisa hub aku yah mas

      nih:021-98787313

      kalo model saya mau model topeng ” helloween
      seperti jin dan lain lain oh ya seperti ini
      mas tinggal klik aja link di bawah ini

  2. 3 surobuldog Januari 15, 2009 pukul 11:33 am

    HATUR NUHUN MANG DUYEH
    IRAHA ATUH AMENG KALUAR
    DA NGAGUGULUNG KOPEAH BUTUT MAH HANGSEUR
    HAHAHAHAHA

  3. 6 Kieki P.D. Maret 20, 2009 pukul 6:40 am

    Klo leh saran yaw:
    hsil topengx j9n topg yg gokil doang,klo bisa tope

  4. 7 Dhito Mei 21, 2009 pukul 1:31 am

    salam kenal, nama saya Dhito murid kelas 5 sd Al Azhar di surabaya .. saya ingin belajar membuat topeng kertas pada Om tapi tempatnya Om dimana ? …

    terima kasih

    • 8 surobuldog Mei 21, 2009 pukul 3:49 am

      Halo Dhito
      Saya tinggal di Yogja, pernah ke Yogja?
      Kalo mau membuat topeng kertas, dengan senang hati saya mau ajarkan, gratis koq. Saya juga sering ajar pada anak2 seusiamu di kampung-kampung. Mereka biasa pake topeng-topeng itu buat pentas seni dan pajangan di kamarnya.
      Cuma sayang tinggal kita jauh ya. Ntar kapan-kapan kalo Dhito ke yogja mampir saja. Nanti saya upload tulisan saya tentang bagaimana membauat topeng kertas itu. Sementara ini Dhito barangkali bisa cari bahan belajar via internet, ada koq situs lain yang menuliskan cara membuat topeng kertas. saya pernah lihat juga. search aja pake google.
      Salam

  5. 9 dendyaja Juni 5, 2009 pukul 4:38 pm

    hlow mas^^
    kenalin saya dendy, saya penggemar topeng dri wktu saya kecil jg mas.Saya pengen bgt blajar mas ttg topeng kertas. karena saya mencoba beberapa kali mesti ko gagal maning gagal maning hehehe.boleh kan mas saya belajar dari masternya langsung ? mhon alamat jelasnya mas, kirim ke den.design@yahoo.com y mas, ditunggu alamatnya, mumpung sya masih ad dijogja^^

  6. 10 dendy aja Juni 6, 2009 pukul 8:04 am

    hlo mas, td mlm postku masuk g ya…?ko ni g ada yah..

    dendy

  7. 11 dendy aja Juni 6, 2009 pukul 8:09 am

    gni mas,
    aq jg suka topeng dr kecil. dl suka bgt ngumpulin topeng2 yg aq bli di dkt dekolah jama sd dulu. skg pun masih suka.tpi aq kl bikin dri kertas ko ya gagal maning gagal maning hehe.makanya kl boleh, aq minta diajarin ya mas, mumpung aq masih lama dijogja^^ mohon alamat jlasnya yah, kirim ke imelku den,design@yahoo.com

    makasih sblumnya mas, salam seni !

  8. 12 dendy aja Juni 6, 2009 pukul 8:10 am

    ni mas imel yg bener, yg diatas ad yg salah^^
    den.design@yahoo.com

    mhn replynya ya, thx bgt^^

  9. 14 dendy aja Juni 8, 2009 pukul 3:32 am

    mas minta alamat jogjanyah yah, aq pgn bgt bljr ttg topeng kertas^^
    mumpung aq mash djogja^^

  10. 15 nana Oktober 12, 2009 pukul 7:03 am

    Mas lokasi Anda jauh sih dari jakarta ke yogya, weleh jauh tenan. kalau berbai hati buatlah tutornya yang mudah diterapin. Mulai dari awal seperti membuat cetakan…..dll . Saya tunggu postingnya. Salam

  11. 16 wd Oktober 21, 2009 pukul 8:23 am

    waahh.. kalau saya mau beli topeng produksinya, gimana caranya? tapi tidak banyak. mungkin lima. belum bisa buat sendiri soalnya..

  12. 18 anggi November 29, 2009 pukul 1:14 pm

    saya mw pesan topeng donk..
    buat perfomance band aku..
    kra2 bsa dipesan sesuai bentuk topeng permintaan kami gk,,?
    klo bsa kami langsung pesan..

  13. 21 rafie radewa Desember 21, 2009 pukul 1:05 pm

    wehhhhhhh kerent wah pengen tau donk bisa ga bikin topeng uchiha madara

  14. 22 SePoci Teh Februari 5, 2010 pukul 1:09 am

    pak surobuldog’s saya sangat inginbisa membuat topeng dari kertas …. tapi kalau harus kejogja rasanya belum bisa…
    bagai mana jika bapak memberi tutor ttg tahap2 pembuatan nya ^^
    saya sangat harap kesediaan bapak untuk menjelaskan nya ^^

    saya ingin tanya ….
    topeng2 tsb terbuat dari bubur kertas pak? lalu bagaimana cara mencetak sehingga menjadi btk tertentu?

    trims pak
    Salam ~~

  15. 23 irvan Februari 13, 2010 pukul 9:56 am

    mas,adik saya ingin blajar topeng itu
    kalau besok minggu saya kerumah mas boleh tidak
    saya juga tinggal di jogja…
    mhon balasannya….

  16. 24 irvan Februari 14, 2010 pukul 3:19 pm

    baru kemarin(sabtu 13-02-2010) saya tau blog ini,dan
    minggu(14-02-2010) siangnya saya dan adik saya datang kerumah
    mas ramses/surobuldog…..dan disana benar2 diajarkan membuat topengnya..wahh..untuk mas ramses/surobuldog saya bertrimakasih banyak mas…topengnya sudah jadi saya buat juga hasilnya memuaskan,hehe… dan untuk karya2nya menurut saya kreatif abiz…
    tetap berkarya
    thanks mas…
    ================( irvan & nia )===========

  17. 25 aken Februari 18, 2010 pukul 7:38 am

    bisa pesan dari luar kota mas? caranya gimana?

  18. 27 aura Maret 16, 2010 pukul 2:40 pm

    assalamu’alaikum wr. wb
    saya calon guru sd.. tlg kasitau bagaimana caranya untuk membuat topeng dari bahan kertas. karna saya ingin membuat aktiviti di dalam kelas nanti untuk membuat topeng dari kertas.
    mohon tunjuk ajarnya ya..karna tuk ke tempat anda, mgkin tdk memungkinkan karna saya bukan di Indonesia..
    Smoga Allah mempermudahkan segala urusan anda di atas kemurahan anda berbagi ilmu..

    • 28 surobuldog Maret 16, 2010 pukul 4:47 pm

      wa alaikumssalam wr. wb
      silakan diliat di blog ini halaman cara membuat topeng kertas.
      http://surobuldog.wordpress.com/membuat-topeng/
      jika kurang jelas nanti saya sertakan juga foto-foto tahapannya. saya juga sarankan untuk tetap mencoba mengerjakannya sebab tak ada yang baku dalam membuat topeng itu. saya hanya berbagi yang biasa saya lakukan. akan lebih baik kalau masing-masing kita berkreasi dan membuat variasinya.
      terima kasih atas doanya. amin. saya yakin anda juga akan bisa berbagi ilmu disana.

  19. 29 hengky April 22, 2010 pukul 10:04 am

    Mas Alamatnya dimana? sama nomor telpnya… aku mau belajar

  20. 30 hengky April 22, 2010 pukul 10:05 am

    alamatnya dimana kang?

  21. 33 sita April 29, 2010 pukul 9:43 am

    saya tinggal di jl. lukman hakin no. 09, tuban jawa timur saya mau minta tolong , tolong donk di ajari cara membua topeng dari kertas karena aku sebentar lagi ujian membuat topeng dan aku blm bisa caranya membuat topeng tolong ajari aku ya… untuk membuat topeng dari kertas….. soalnya aku tgl 17 mei 2010 udah ujian praktek membuat topeng dari kertas…..please ajari aku…..

  22. 34 gembul Mei 9, 2010 pukul 10:36 am

    mas..
    klo mw pesan , tapi di kirim gimana caranya y??
    tenks

  23. 35 GwGtuloh Juli 8, 2010 pukul 8:38 am

    waahh.. baguss tuh mas..
    gw jg pengen blajar tapi sangat jauh….
    gw di bengkulu… ngajarinnya lewat e-mail aja bisa gak?
    nigh email gw : vuckerz@yahoo.com
    btw bisa buat topeng kayak di film Mission Impossible gtu gk mas..?
    hehe…. tolong y mas kirimin caranya..

  24. 36 julian Oktober 30, 2010 pukul 1:17 pm

    mas ,, tau ga klu tempat mesen topeng bubur krtas yang bisa dipesan dalam jumlah banyak gitu diatas 1.000 pcs gtu….

  25. 37 wiwid seorang Desember 28, 2010 pukul 11:50 am

    waaa.. keren sekali Mas! :D
    Terharu sewaktu baca yang Rp. 0,- untuk yg mau belajar.

  26. 38 farhan Januari 24, 2011 pukul 12:51 am

    dimana tmpat tinggal om???????

  27. 40 nova_riders@yahoo.com Februari 5, 2011 pukul 4:52 pm

    makasih mas atas cara2 mbikin topeng,,,
    kpan2 q mampir ke jogja,,,q tinggal di purwokerto mas,,lam kenal juga…
    Thanx’s

  28. 41 kyu1 Februari 18, 2011 pukul 7:44 am

    kang Suro, nek saya pingin mbeli topeng-nya bagaimana?
    posisi saya ada di tangerang, mohon informasinya. Terimakasih..

  29. 42 mang obed Februari 20, 2011 pukul 12:30 am

    sukses kang suro….nganu kulo boten mangertos…kang suro dadi seniman segala bisa…ngmusik , ngnopeng, piye sing diajarken ning fakultas….fotografine….matur nuwun

  30. 43 Dani Maret 20, 2011 pukul 11:11 am

    Saya mau donk d ajarin bikin topeng
    ni e-mail Saya
    odypuzz@ymail.com

  31. 44 Distira Mei 22, 2011 pukul 10:13 am

    anak saya sebulan lalu diberi tugas sama gurunya untuk membuat topeng kertas cuma korannya harus dicampur dengan tepung kanji nah lo…..emang begitu ya caranya ?? saya coba untuk menghubungi bapak ramses tapi tidak terhubungi….

    dankje well pak atas atensinya :)

    Ira

  32. 45 surobuldog Juni 15, 2011 pukul 4:25 pm

    SALAM KENAL,
    SAYA ats nama Forum Peduli Aksara Bahasa & Budaya Cirebon DI Cirebon Jawa-Barat rencana mau mengadakan event lomba mewarnai topeng klasik Cirebonan.
    Kami mau pesan kurang lebih 150 topeng belum di warnai / di cat.
    bagaimana cara pembayaran dan pengiriman barang ?
    ini email saya : gatotsudagdo@rocketmail.com atau telephon 081312341036 / fb. group Forum Peduli Aksara Bahasa dan Budaya Cirebon
    kami tunggu jawabanya
    Terimakasih

  33. 46 rifky Agustus 1, 2011 pukul 2:16 pm

    mas bisa buatkan saya topeng slipknot seperti ini gak

    gak papa kalo kurang mirip

    bahan nya bubur kertas aja mas kalo bisa tolong hubungi / sms saya ke

    nomor ini

    021-98787313 kalo bisa semua model yang di link atas saya beli mas

    terima kasih

    balasss

  34. 48 Ghifari September 20, 2011 pukul 9:30 am

    cara bikin topeng scream gimana gan

  35. 49 surobuldog September 21, 2011 pukul 4:30 am

    cara membuat topeng scream ya sama dengan membuat topeng lainnya: bikin cetakan dulu, ditempeli kertas, diwarnai..:)

  36. 50 paulina Oktober 23, 2011 pukul 5:24 am

    d daerah cikarang ada ngak ya yg jual ???

  37. 51 dewangga Oktober 28, 2011 pukul 5:19 pm

    salam hangat warga indonesia..:)
    om,saya murid dari AL-AZHAR 11 serang..
    mau pesen topeng nya dong..bisa ga?
    tolong sms saya ya mas..083897878970..
    thx..
    my FB : dewangga_viking@yahoo.com

  38. 52 Rendi Oktober 30, 2011 pukul 2:48 am

    Alamatnya mas, di mana tepatnya….

  39. 53 sonicalien Oktober 30, 2011 pukul 1:01 pm

    aku pengin pesen yg bentuknya seperti film predator + aksesoris rambutnya ya kang. Untuk harga boleh pm lewat email saya ya :) trims

  40. 54 novarina Maret 19, 2012 pukul 8:30 am

    mau pesen topeng nih.. aku hubunginya kemana yaa??

  41. 55 Harto Mei 30, 2012 pukul 5:31 pm

    Alamat lengkapnya dimana mas ?

  42. 57 ivana Agustus 15, 2012 pukul 9:25 am

    mas aku mau pesan topeng utk fasion show tlg kasih alamat dan no hpnya dnk.., ke emailku iva.maydewi@gmail.com atau info@jeffrytan.com

  43. 58 ronald November 20, 2012 pukul 4:02 am

    bang ks tau sy cara pembuatannya.makasi y bang

  44. 62 ober November 27, 2013 pukul 11:10 am

    mas saya pesen topeng yg no 3 atas sendiri… bsa dikirim gk ke magetan, jawa timur..

  45. 63 Caak Sani Roch'is April 28, 2014 pukul 3:48 pm

    Mas Bro… apa ga buka agen di surabaya ? boleh dong bila bisa sharing, ini nomor hp 081357785758 atau 087703115758, matursuwun

  46. 64 tiwi Mei 13, 2014 pukul 2:11 am

    Mas klo mau pesen jumlah banyak bisa menghubungi ke nomer berapa ya mas?

  47. 65 Widuri Juni 9, 2014 pukul 8:30 am

    Mas, kalau saya ingin memesan topeng polos bagaimana caranya ? Mohon no kontaknya….. Terima kasih…

  48. 66 verenanetta Juli 1, 2014 pukul 4:31 pm

    Bang, saya mau bikin topeng di tempat abang. Bagaimana cara saya agar bisa menghubungi / mampir ke tempat abang? Butuh jawaba secepatnya karena penting ^^

  49. 68 santi sardi Agustus 21, 2014 pukul 8:47 am

    mas…saya ketua karang taruna kota tarakan, bolehkan saya ajak mas mampir ke tarakan untuk jadi instruktur pelatihan pembuatan topeng kertas, kontak person saya di 082336361123


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Penanggal

Januari 2009
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: