pantai


di Pulau Um

Pulau Um itu pulau kecil di Distrik makbon Sorong Papua Barat. Kalau kita berjalan mengelilinginya hanya menghabiskan waktu kurang dari 20 menit. Mereka bilang itu pulau kosong tapi disana saya melihat banyak kehidupan. Disana banyak burung dan kelelawar. Dan di lautnya ikan-ikan yang beragam dijaga spirit sasi masyarakat Malaumkarta.

Dalam penyeberangan dari Malaumkarta ke pulau itu, teman saya Tori Kalami menyelam dengan sebilah tombak. Ia berjanji menyuguhi kami ikan. Kami bertujuh menaiki perahu dayung sambil menyiduk air dari perahu keluar karena perahunya bocor.

Sesampai di pulau keriangan mendera kami. Berenang, menonton burung dan kelelawar tidur, meluburi tubuh dengan pasir putih, menyaksikan masyarakat keong dengan takjub. Di bagian barat Papua saja begini indah dan perawannya, apalagi kalau kita melaju timur ya..begitu saya pikir. Kerongkongan tercekat, mulai memahami Surga yang Terlantar.

Sudah dua jam Tori tidak muncul juga. Saya pikir dia pasti bawa banyak ikan menyelam selama ini. Eh gak taunya dia Cuma bawa tiga ekor!

“hah, begitu lama kau Cuma bawa tiga ekor?” terheran saya.

“ini ikan goropak, Ses, torang harus sampai dasar tombak ini ikan”.

“Oh”, saya manggut-manggut sekaligus penasaran seperti apa rasanya ikan itu. Padahal ikan lain banyak disini.

Theus, teman saya lain ngasih tahu,”eh itu ikan kalo di restoran harganya dua ratus ribu seekor’.

“Haah?”

2 Responses to “pantai”


  1. 1 adi Februari 17, 2010 pukul 5:44 pm

    mantap ceritanya nDhan….

  2. 2 yufik Juni 9, 2010 pukul 3:31 pm

    ingeut deui ka natuna, loba pisan pulau leutik, panggih jeung la hanik bapak dari penyu-penyu di pulau midai


Tinggalkan Balasan

Penanggal

Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Des »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

