ANAK-ANAK DAN INGATAN YANG TEREKAM


Anak-anak adalah saksi masa kini dan ingatan masa depan. Dalam situasi sosial masa kini yang penuh dengan berbagai persoalan ekonomi dan lingkungan, anak-anak menjadi korban baik secara langsung maupun tidak langsung. Perubahan iklim yang drastis, bencana alam, godaan konsumerisme, menanggung beban kurikulum sekolah, dikelilingi zat-zat berbahaya di makanan dan minuman mereka, dan konflik politik menjadi bagian yang tak terpisahkan dan mengancam anak-anak kita.  Mereka diwarisi trauma goncangan bencana alam dan menjadi bagian bencana sosial yang diakibatkan oleh berbagai kepentingan yang diusung para orang tua mereka.

Sebagai pewaris kehidupan, anak-anak perlu memiliki daya juang dan keterampilan untuk mengatasi berbagai persoalan yang kelak akan dihadapinya. Salah satu soal yang menjadi landasan hidup mereka ada pada Pengetahuan. Pengetahuan itu bisa mereka dapatkan lewat berbagai hal selain sekolah dan keluarga.

Kami sadar bahwa pengetahuan dan kesadaran adalah modal penting bagi anak-anak di masa kini dan masa depan mereka. Menghadapi perkembangan teknologi dan derasnya arus informasi anak-anak akan dituntut untuk lebih terampil mengolah ilmu yang mereka peroleh baik melalui sekolah, keluarga, maupun lingkungan mereka menjadi dasar sikap dan tindakan.

Melalui permainan dan kamera video  kami memperkenalkan media belajar dan bermain pada anak-anak. Semangat bekerjasama, keriangan, dan mendapatkan pengetahuan adalah tiga hal yang menjadi pokok proses pemetaan dan sumber daya kampung oleh anak-anak.

1.   Mengenalkan anak-anak pada keterampilan mendapatkan dan mengolah pengetahuan

2.   meningkatkan kesadaran anak-anak akan pentingnya menjaga dan memelihara alam di kampung mereka

3.   mengenalkan media menulis dan kamera video sebagai alat belajar.

Peserta workshop adalah anak-anak dan remaja 7 – 15 orang, dengan keluaran: catatan hasil pengamatan(yang kemudian dijadikan naskah video oleh anak-anak itu), video produksi anak-anak, dan 1 video dokumentasi proses yang dibuat tim pendamping anak-anak.

 

Pemetaan

Pemetaan meliputi proses penjelajahan, pengenalan, dan pencatatan.

Sumber daya Kampung yaitu segala sesuatu yang berada di kampung/dusun yang memiliki kemungkinan untuk dikembangkan bagi kesejahteraan di masa datang.  Sumber daya itu meliputi sumber daya alam, tenaga kerja manusia, fasilitas umum, kesenian, dan nilai-nilai yang ada di kampung itu.

Secara umum ada 4 tahapan yang biasa saya dan teman-teman lakukan bersama anak-anak dengan kamera video dan alat-alat lain;

1.   Pengenalan kamera video,

2.   penulisan cerita

3.   pengumpulan data dan penulisan skenario

4.   praktek pembuatan video

Ada berbagai cara untuk menjalankan proses pembelajaran ini, tergantung pada kondisi anak-anak, kampung, dan gaya fasilitatornya. Hal yang penting untuk tetap diperhatikan adalah bagaimana agar kegiatan itu tetap bersifat partisipatif dan mendidik.

0 Responses to “ANAK-ANAK DAN INGATAN YANG TEREKAM”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Penanggal

Juli 2010
S S R K J S M
« Mar   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d blogger menyukai ini: