Laporan dari Wasior, sabtu 9 Oktober 2010


Sabtu (9/10/2010)

Pada hari ke 4 setelah bencana (8/10), mulai terlihat alat-alat berat diturunkan ke jalan-jalan untuk membersihkan lumpur serta batu-batu dan kayu log. Jalur komunikasi menggunakan telepon selular telah normal kembali. Masyarakat yang bertahan di Wasior dan belum mendapatkan bantuan terpaksa makan seadanya, sagu, umbi-umbian, daun-daunan, dengan lauk daging lao lao (sejenis kanguru pohon) dan soa soa (sejenis kadal) yang dibakar. Masyarakat tidak berani mengambil ikan di laut karena berpikir bahwa banyak mayat hanyut sampai ke laut yang kemudian dimakan oleh ikan-ikan.

Posko hanya terlihat berdiri di Wasior Kampung , bantuan belum bisa didistribusi dengan baik, karena tidak ada kendaraan dan jalan dipenuhi lumpur serta batang pohon dan batu-batu besar. Masyarakat yang ada di kampung-kampung lain harus berjalan kaki hingga berkilo-kilo meter untuk mendapatkan bantuan makanan dan pakaian. Yang dapat mencapai posko induk dan telah mendapatkan bantuan berupa beras dan mie instan, tiap hari makan mie instan, termasuk anak-anak balita, sehingga dikawatirkan akan mengalami penurunan kondisi tubuh. Banyak warga yang berjalan jauh, namun harus kembali pulang dengan tangan kosong karena stok bantuan telah habis.

Menurut kawan di posko Wasior, mulai terlihat setidaknya ada 15 kampung yang menjadi korban banjir bandang, yaitu Kampung Anggatu, Rasyei, Isui, Isei, Kubiari, Wondiwoi, Wanopi, Iriati, Manggurai, Miei, Wasior kampung, Wasior Kota, Sanduwai, Warwai, dan Rado. Yang mengalami kerusakan paling parah adalah Wasior Kota, Kampung Sanduwai, dan Kampung Rado. Di tiga tempat ini, terutama Rado, korban meninggal dan luka parah paling banyak ditemukan. Di kampung Rado hampir seluruh rumah luluh lantak dan beberapa menyisakan pondasinya saja. Sedangkan di 8 kampung, korban belum jelas terdata karena lokasinya masih sulit dijangkau.

0 Responses to “Laporan dari Wasior, sabtu 9 Oktober 2010”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Penanggal

Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: