soal dagang, bukan film


Saat bea masuk film asing (hollywood) dinaikan pemerintah hingga pihak sodagar film menghentikan penjualannya di Indonesia, beragam tanggapan saya temukan lewat koran, tv, dan facebook.
Yang menarik dari tanggapan-tanggapan itu bagi saya adalah banyak orang yang lantas memprihatinkan, mencemaskan bahwa mereka lantas akan disuguhi film-film Indonesia yang buruk. Berbagai judul film yang aneh dan lucu dikedepankan dengan nada menghina. Saya tidak tahu apa yang diprihatinkan; kualitas atau judul film-film Indonesia itu? Apakah mereka yang prihatin itu menonton sudah menonton film-film yang disebutkan itu?
Lalu pertanyaan berikutnya; apakah sebetulnya persoalan film Indonesia sekarang ini? Produksi? Distribusi? Atau di tingkat konsumsi penonton?
Jika banyak orang mentertawakan logika cerita di film Indonesia, apakah memang sungguh film adalah soal (logika) cerita?
Tidakah selama ini, saat film holywood disilakan diputar di bioskop dan tv Indonesia, ikhwal yang paling esensial dari film yaitu frame size dan angle tak jua dimanfaatkan oleh para pembuat film (apalagi sinetron) dengan baik. Penempatan kamera dan besaran obyek gambar dilakukan dengan kekacauan yang gilang gemilang. Padahal sistem perseptual itu sudah ditunjukan banyak oleh industri film holywood di rentang waktu yang panjang dalam sejarah film kita. Tak juga kita belajar.
Barangkali bukan soal cerita (begitu mudahnya Benigni di Life is Beautiful berpetak umpet dengan derita perang), melainkan soal dimana kita meletakan kamera (-kamera) saat merekam percakapan dua orang tokoh. Barangkali bukan soal logika, apalagi judul.
Penasaran? Ketik KACAU spasi FILM, kirim ke 17-08-1945.

0 Responses to “soal dagang, bukan film”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Penanggal

Februari 2011
S S R K J S M
« Des   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

%d blogger menyukai ini: