meminta damai


Membicang keadilan (untuk rakyat )Papua tentu harus dimulai dengan posisi yang sejajar. Sebagai manusia, bukan sekedar sebagai warga Negara. Siapapun yang memperjuangkan keadilan dan perdamaian di tanah papua, baik orang papua maupun orang-orang luar yang peduli, tidak dalam keadaan mengemis pada pemerintah (Indonesia), badan dunia, maupun pada lembaga lain. Meminta pada pemerintah Indonesia menyiratkan adanya pengharapan yang berpeluang diabaikan. Seperti kita pura-pura tidak tahu bagaimana berbelit dan konyolnya birokrasi, politik, dan komitmen pemerintah saja. Seperti kita buta bahwa yang namanya pemerintah cumalah kacung perusahaan-perusahaan multinasional yang beroperasi di Papua. Negara (nation) adalah ilusi dalam menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan.
Kesejajaran kedua adalah antara tatanan social papua dengan tatanan liyan yang seringkali dianggap lebih maju dan teratur. Sikap inferior dan semangat pos-kolonial ini banyak menjangkiti kita saat berdialog dan berusaha menyelesaikan soal-soal di papua. Kita bangga akan kearifan local masing-masing, namun juga saling sikut untuk mendapatkan rangking di pendidikan dan pekerjaan dengan standar pihak lain yang tidak jelas.
Persoalan-persoalan Papua tentu saja terutama akan dihadapi dan digumuli oleh orang-orang papua. Orang-orang yang lahir dan besar di papua. Day by day. Perdamaian dan kondisi aman tentu saja dibutuhkan oleh tiap manusia untuk menjalani hari-harinya. Untuk itu perdamaian harus diupayakan oleh siapa saja.
Kita mengupayakan perdamaian karena kita manusia, sedangkan orang-orang yang kaya dan dikayakan secara tidak fair mengumandangkan perdamaian untuk memelihara asset kekayaannya. Menjaga zona aman sendiri.
Barangkali🙂32

1 Response to “meminta damai”


  1. 1 V Olsy Vinoli Arnof Juni 12, 2013 pukul 7:19 am

    Wah, geus lila euy teu diapdet….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Penanggal

Juni 2013
S S R K J S M
« Mei   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

%d blogger menyukai ini: